Petugas Tiket "Nakal" di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta




67 dilihat


Jakarta - Pada 1 Juni 2010 jam 11.02 saya membeli tiket KA Progo jurusan Lempuyangan - Pasar Senen. Oleh petugas pelayanan pembelian tiket, EHS (tertera tag nama di? baju) saya ditanya, "Progo ke Jakarta, Pak?" yang kemudian saya jawab, "Ya, ke Jakarta. Satu."?

Petugas pun menyodorkan tiket pada saya yang langsung saya bayar Rp 35,000 (harga tiket Lempuyangan - Pasar Senen). Namun, begitu saya cek ternyata saya hanya diberi tiket tujuan Lempuyangan - Cirebon dengan harga yang tertera di tiket Rp 26,000.?

Dengan perasaan kesal saya komplain dan menukar tiket. Lebih kesalnya lagi tidak ada ucapan permohonan maaf atau perasaan bersalah dari petugas tersebut. Mungkin sial bagi petugas tersebut karena saya mungkin termasuk pelanggan PT KAI yang teliti dan "cerewet".

Bayangkan apa yang didapatkan petugas tersebut (dan mungkin juga petugas lainnya) dari selisih harga tiket Rp 35,000 (tiket yang seharusnya saya dapat) dikurangi Rp 26,000. Maka petugas tersebut akan menerima uang (yang tentu 'BUKAN HAK'-nya) Rp? 9,000 per orang yang bernasib seperti saya.

Saya ragu atau sulit percaya jika ada ketidaksengajaan atau kekhilafan dari petugas tersebut (EHS). Karena, sebelumnya telah nyata menanyakan pada saya, "(Kereta) Progo ke Jakarta, Pak?"

Saya pun curiga banyak pelanggan jasa PT KA yang "tertipu" akibat perbuatan seperti yang saya ceritakan di atas. Saya juga curiga jika perbuatan petugas tersebut telah berlangsung lama, menjadi "biasa" atau sengaja "dibiasakan"?

Saya mohon kepada Kepala Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dan jajaran terkait untuk menindak petugas "nakal" tersebut. Tidak lupa pula saya berpesan kepada calon penumpang Kereta Api agar lebih teliti dan berhati-hati ketika membeli tiket Kereta Api.

Semenjak kejadian ini kepercayaan saya pada layanan jasa PT KA menjadi menurun. Padahal, saya adalah salah satu pelanggan yang cukup sering menggunakan Kereta Api sebagai moda transportasi. Apa kata dunia jika hampir setiap tahun PT KA mengeluh merugi jika di jajaran petugasnya masih saja terjadi tindak korupsi baik yang nyata maupun terselubung?

Saya tunggu tindak lanjut dari jajaran terkait. Terima kasih.

Wahid Najmuddin
[email protected]?
085643515800
Karanggayam CT VIII No 3 Yogyakarta



(msh/msh)


Source : detik

Terkait

Baraya Travel, Tolong Utamakan Kenyamanan Penumpang!
Seller di Tokopedia Kasar dan Tokopedia tutup mata
Penjelasan Bukalapak untuk Surat Pembaca Bapak Mulyadi
Penyesuaian Bunga KPR yang Tidak Sesuai

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini

Komentar