Mengecewakan: Program Diskon Kartu Kredit Hypermart

Kategori:


Sub Kategory:


Label: Hypermart


Saya adalah konsumen setia Hypermart yang selalu menunggu dan memanfaatkan program diskon dengan menggunakan kartu kredit Mandiri dan Mandiri Hypermart. Hypermart juga dengan setia menginformasikan kepada saya melalui sms bila ada program diskon tersebut. Dan saya merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.

Yang terjadi hari ini, begitu mengecewakan saya. Seperti biasa, karena ada program diskon ini, saya berbelanja ke Hypermart Lippo Cikarang, dengan membawa daftar belanja yang sudah saya siapkan dari rumah. Begitu naik eskalator hypermart Lippo Cikarang, terbentang spanduk berukuran besar, bertuliskan: "Diskon15% semua produk, menggunakan kartu kredit Mandiri Hypermart". "Diskon 10% semua produk, menggunakan kartu kredit Mandiri". Lalu saya mengambil trolly, dan mulai mengisi barang-barang kebutuhan rumah tangga. Sasaran utama saya adalah susu anak 1-3 tahun, karena saya mempunyai 2 orang anak berumur 2,5 thn dan 16 bulan;, dan detergen. Saya memasukkan ke trolly, 8 kaleng susu isi 800gr dan beberapa kantong detergen.

Sementara menuju kasir, saya bertemu dengan seorang pegawai Hypermart, untuk lebih memastikan bahwa barang yang saya akan beli masuk dalam program diskon. Beliau mengambil 1 kaleng susu dari trolly saya dan mengamatinya. Jawabannya: "Kayaknya..., ini tidak termasuk pak." Lalu saya jawab: "Jangan Kayaknya... Yang pasti dong. Itu kan ada tulisan besar, kalo diskon berlaku untuk semua produk". "Saya bukan tugas di bagian ini pak", jawabnya.

Saya mulai jengkel. Lalu saya bilang: siapa yang persis tau? Saya mau informasi yang pasti." Lalu dia pergi memanggil karyawan lain, dan mengambil susu tadi, mengecek di komputer kasir, dan mengatakan bahwa susu tersebut tidak termasuk diskon. Dalam hati saya berpikir, kalau karyawan Hypermart sendiri tidak tau mana produk yang diskon, mana yang tidak, dan harus memastikan lewat system, bagaimana dengan konsumen? Yang terjadi adalah: konsumen baru tau setelah membayar di kasir. Mendengar penjelasan yang tidak berkualitas itu, saya langsung mengembalikan 6 kaleng susu ke rak-nya, dan hanya membeli 2 kaleng .

Lalu saya antri di kasir. Pada waktu di kasir, saya tanyakan hal yang sama, apakah susu yang saya beli masuk dalam program diskon. Dengan lancar dan sangat yakin, kasir menjawab: "Masuk pak. Yang tidak temasuk itu, susu bayi di bawah satu tahun". Oke, apalagi yang akan terjadi, pikir saya dalam hati, sambil menunggu kasir bekerja. Tiba-tiba kasir berhenti, dan memanggil temannya. Mereka berduapun menjelaskan kepada saya, kalau susu itu tidak termasuk diskon. Lengkaplah sudah kekecewaan saya. Saya tidak mau lagi berdebat.

Yang menjadi pertanyaan saya, biasanya kalau ada produk-produk yang menjadi pengecualian, selalu disebutkan dan diumumkan. Jadi konsumen bisa tahu sebelumnya. Kemudian, para pegawai Hypermart sendiri, tidak menguasai lingkup kerja mereka. Jadinya, baik konsumen maupun karyawan Hypermart, baru tahu kalau suatu produk termasuk diskon atau tidak, setelah membayar di kasir. Untuk Hypermart, mohon supaya membuat program yang jelas bagi konsumennya. Hal seperti yang saya alami ini sungguh sangat merugikan konsumen, dan konsumen merasa telah dibohongi. Terima kasih untuk Kompas.com, telah memuat tulisan ini.

Asten Manalu
Jl. Melati 10 No. 15
Cikarang - Bekasi

Komentar