Citibank Tidak Gentle


Finansial Perbankan & Kredit
62 dilihat


Jakarta - Saya adalah pemegang kartu kredit Mastercard Citibank Clear Card nomor
542177019114xxxx. Selama bertahun-tahun saya menggunakan kartu tersebut tidak pernah terjadi masalah. Bahkan saya merasa puas dengan pelayanan Citibank dalam menangani berbagai persoalan semisal perubahan alamat, pengiriman billing dan sebagainya. Walaupun saya sering mendengar dan membaca keluhan di berbagai mass media tentang layanan Customer Citibank. Puji Tuhan saya tidak mengalami hal-hal semacam itu.

Namun, pada tanggal 10 Januari 2008 perasaan puas saya tersebut tiba-tiba terhapuskan setelah mendapat telepon dari pihak Citibank yang menyatakan bahwa pembayaran Mastercard saya telah jatuh tempo dan saya belum melakukan pembayaran. Padahal pembayaran telah saya lakukan pada tanggal 3 Januari 2008 via PT Pos Indonesia (Persero) sebesar Rp 250.000,00 dan bukti pembayaran ada pada saya serta nomor kartu yang harus dibayar adalah BENAR.

Semenjak tanggal tersebut saya selalu mendapat telepon dan SMS dari pihak Citibank yang mengingatkan agar saya segera melakukan pembayaran kartu Mastercard saya.

Telepon yang saya terima dari Citibank pada satu hari bisa mencapai 5-7 kali telepon dengan petugas yang berbeda-beda, dan berkali-kali pula saya menyampaikan bahwa pembayaran telah saya lakukan pada tanggal 3 Januari 2008.

Petugas-petugas Citibank tersebut tidak menjelaskan permasalahan yang sebenarnya terjadi. Padahal saya telah mencoba menanyakan secara baik-baik apa sebenarnya yang telah terjadi karena selama ini saya dalam melakukan pembayaran lancar-lancar saja tanpa masalah.

Namun, jawaban dari pihak Citibank hanya menyalahkan saya bahwa belum melakukan pembayaran. Bahkan pada telepon terakhir pihak Citibank menyalahkan pihak PT Pos Indonesia (Persero) yang menurutnya pihak PT Pos Indonesia telah mengambil kembali uang pembayaran saya pada tanggal 9 Januari 2008.

Citibank yang terhormat. Saya bekerja di PT Pos Indonesia. Saya sangat mengetahui SOP dari PT Pos Indonesia apabila ada pembatalan pembayaran kartu kredit atau apapun. Jangan asal menyalahkan mitra kerja sama anda.

Terus terang saja sebenarnya saya telah mengetahui permasalahan yang ada. Hanya saya ingin mengetahui sampai sejauh mana kejujuran dan ke-gentle-an Citibank dalam menangani permasalahan ini.

Sebenarnya permasalahan berawal dari 2 kali posting pembayaran saya di bulan Desember sebesar Rp 250.000,00 yang tertera pada billing tagihan bulan Desember. Perlu diketahui saya telah mengecek ke pihak PT Pos Indonesia apakah pada saat pembayaran tersebut telah terjadi kesalahan. Namun, setelah dicek ternyata PT Pos Indonesia tidak mengalami selisih atau permasalahan sehingga saya berkesimpulan bahwa kesalahan terjadi di pihak Citibank.

Sejak itu saya menunggu telepon dari pihak Citibank. Namun, tidak pernah saya dapatkan. Sampai dengan pada bulan Januari 2008 ini baru saya mendapat telepon yang menyatakan bahwa pembayaran saya pada bulan ini dianggap tidak ada, tanpa ada penjelasan apapun. Apalagi permintaan maaf. Bahkan hanya melemparkan kesalahan kepada saya dan pihak mitra dalam hal ini PT Pos Indonesia (Persero).

Padahal seandainya kalau Citibank mau mengakui kesalahan dan memberikan petunjuk kepada saya bagaimana cara penyelesaiannya, saya akan dengan senang hati menyelesaikannya. Karena SAYA SADAR, uang sebesar Rp 250.000,00 yang merupakan kesalahan posting tersebut adalah BUKAN HAK SAYA. Tapi, sayang Citibank ternyata tidak gentle dan tidak sudi mengakui kesalahannya tersebut.

Apakah hal tersebut memang merupakan SOP dari Citibank untuk supaya bertindak tidak gentle kepada konsumen ataukah memang kualitas SDM yang diterima bekerja di Citibank sekarang berkualitas seperti itu? Sungguh amat disayangkan, dan saya benar-benar kecewa dan kesal hati.

Arni HD Wijayanti
PT Pos Indonesia
Jl Cilaki No 73 Bandung
[email protected]
0818101862
(msh/msh)


Terkait

Upgrade Kartu Kredit Gold HSBC, Masalah Datang
Hadiah Durian Runtuh BNI Tidak Sampai-sampai
Sulitnya Mendapatkan Rekening Koran KPR Graha Mandiri
Penjelasan Pengaduan Transfer Balance Mandiri untuk Bapak Lucky Tajo

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini

Komentar