Pelayanan BNI Lebih Baik Dibandingkan CIMB Niaga

Kategori:


Sub Kategory:


Label: Bank CIMB Niaga


Nama : Nico Linggi Pongmasangka No Rekening BNI : 0108886*** No Rekening CIMB Niaga: 1050104277***. Pada hari Sabtu, 01 Maret 2014 sekitar jam 09.00 saya pergi melaporkan kehilangan Paspor (No Paspor lupa), KTP (No NIK 7137114150886003), kartu ATM BNI, dan kartu ATM CIMB Niaga ke Kantor Pos Polisi Cipinang Melayu. Berdasarkan hasil laporan tersebut dibuatlah Surat Tanda Penerimaan Laporan No. POL : 137/B/III/2014/POS.CPM.

Sebelum ke Kantor Pos Polisi tersebut, saya telah menelpon 14041 untuk memblokir kartu ATM CIMB Niaga dan 021-500046 untuk memblokir kartu ATM BNI. Setelah dari Kantor Pos Polisi Cipinang Melayu, saya menuju ke Bank BNI Kantor Layanan Plaza Semangg pada hari Sabtu, 01 Maret 2014i.

Saya bertemu dengan Customer Service (CS) BNI Plaza Semanggi dan menceritakan perihal kehilangan kartu ATM BNI saya. Pada saat pengurusan saya hanya membawa Surat Laporan hilang dari Polisi Cipinang Melayu, Hasil Scan KTP, Foto Copy NPWP, Hasil Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Nomor : SKCK/YANMAS/029959/XI/2013/SAT INTELKAM, dan Buku Tabungan Bank BNI (rekening dibuka di Bank BNI Cab UNPAD) dengan harapan dapat mengurus kartu ATM BNI yang baru, setelah CS BNI Plaza Semanggi berdiskusi dengan Pimpinan Kantor Layanan BNI Plaza Semanggi yang bertugas pada hari tersebut, harapan saya terwujud. Saya mendapatkan kartu ATM BNI yang baru.

Kemudian pada hari yang sama, 01 Maret 2014. Saya menuju ke Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek dengan harapan yang sama untuk mengurus pergantian kartu ATM CIMB Niaga yang baru. Saya menuju ke CS Bank CIMB Niaga dan menjelaskan bahwa saya kehilangan kartu ATM CIMB Niaga dan Buku Tabungan CIMB Niaga tidak ada (pada waktu itu saya mengatakan hilang). CS Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek mengatakan bahwa tidak bisa, harus ada KTP karena akan dilakukan pembukaan rekening baru. Saya menanyakan apakah tidak ada cara lain?

Karena jika harus ada KTP, berarti saya harus mengurus dulu KTP di Makassar, karena saya masih menggunakan KTP Makassar. Kemudian CS Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek, melakukan diskusi dengan atasannya, dari hasil diskusi tersebut dia mengatakan bahwa tetap tidak bisa, salah satunya cara kemungkinan ke cabang tempat dibukanya rekening tersebut, karena data dan tanda tangan saya berada di cabang pembuka.

Rekening CIMB Niaga saya dibuat sewaktu saya bekerja di RS. Mayapada Lebak Bulus, jadi saya tidak tau dimana rekening saya tersebut dibuat, karena yang mengurus adalah HRD RS. Mayapada Lebak Bulus. CS Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek melakukan pengecekan berdasarkan no rekening saya, sehingga diketahui bahwa rekening saya tersebut dibuat di Bank CIMB Niaga Jakarta Fedex.

Setelah itu saya kembali kost. Pada saat di kost, saya mencari Buku Tabungan CIMB Niaga saya. Akhirnya saya menemukan Buku Tabungan CIMB Niaga. Harapan saya untuk mendapatkan kartu ATM CIMB Niaga yang baru semakin besar, dan saya tidak perlu mengurus ke Bank CIMB Niaga Jakarta Fedex, dimana Bank CIMB Niaga Jakarta Fedex hanya buka pada hari kerja.

Pada tanggal 02 Maret 2014, saya kembali ke Kantor Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek dengan membawa Buku Tabungan Bank CIMB Niaga, Surat Laporan hilang dari Polisi Cipinang Melayu, Hasil Scan KTP, Foto Copy NPWP, dan Hasil Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Nomor : SKCK/YANMAS/029959/XI/2013/SAT INTELKAM , Saya menuju ke CS Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek, di samping CS tersebut ada CS yang melayani saya pada tanggal 01 Maret 2014.

Saya berharap dapat mendapatkan kartu ATM CIMB Niaga yang baru, ternyata oleh CS tersebut mengatakan tidak bisa, harus membawa KTP asli. Lalu saya mengatakan bahwa “kenapa bisa begitu? Apakah semua data ini tidak cukup?, dengan data yang sama, saya bisa mengurus kartu ATM BNI yang baru…” Kemudian CS tersebut pergi menghadap Ibu Anisa, atasan dia di Bank CIMB Niaga Mal Taman Anggrek, Ibu Anisa mengatakan bahwa kebijakan di Bank CIMB Niaga adalah harus menggunakan KTP asli atau Surat sedang melakukan pengurusan KTP.

Saya menanyakan “Bagaiman kalau saya ke kantor cabang tempat pembuka rekening?”, Ibu Anisa menjawab tetap juga tidak bisa. Jadi harus menggunakan KTP asli. Saya kesal dan pergi, kemudian saya kembali untuk menanyakan siapa nama lengkap Ibu Anisa dan NIK (Nomor Induk Karyawan) beliau kepada satpam (A. Roup). Berdasarkan informasi dari satpam tersebut bahwa namanya hanya Anisa saja dan NIK tidak bisa diberikan. Pada tanggal 02 Maret 2014 jam 14.44, saya telah mengajukan complaint by email ke CIMB Niaga ([email protected]).

Email saya telah direspon oleh CIMB Niaga tanggal 02 Maret 2014 jam 14.47 dengan nomor tiket e20140302-000038. Pada balasan email tersebut intinya pihak CIMB Niaga akan menyampaikan hasil tindak lanjutnya dalam waktu 1×24 jam hari kerja. Hari ini tanggal 03 Maret 2014 jam 16:17, saya kembali menelpon ke Call Center 14041 dan diterima oleh Bpk John mengenai bagaimana tindak lanjut dari email dan sepertinya beliau tidak tau, sehingga saya mengulangi complain saya lagi.

Dari tanggapan beliau kebijakan CIMB Niaga pusat adalah tetap menggunakan KTP asli, tapi kebijakan dapat dikembalikan lagi ke cabang. Bagaimana CIMB Niaga? Saya sudah cukup sulit berurusan dengan kalian. Berdasarkan cerita tersebut, saya mempelajari bahwa setiap perusahaan mempunyai kebijakan dan setiap kebijakan tersebut tentu saja baik bagi mereka.

Tapi apakah kebijakan tersebut baik bagi orang lain/customernya? CIMB Niaga adalah Bank yang baik, akan tetapi Bank BNI lebih baik. Customer tidak selalu benar, tapi customer itu penting.

Sehubungan dengan surat Bapak Nico Pongmasangka yang berjudul: “Pelayanan BNI Lebih baik Dibandingkan CIMB Niaga” (Kompas.com, 3 Maret 2014) dengan ini kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Nico Pongmasangka layanan Bank CIMB Niaga.

Sebagai tindak lanjut dari keluhan tersebut, kami telah menghubungi Bapak Nico Pongmasangka guna menjelaskan permasalahan yang terjadi dan permasalahan telah diselesaikan. Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan, karena kepuasan nasabah merupakan fokus dari seluruh usaha kami dalam upaya menjaga dan terus meningkatkan kualitas layanan Bank CIMB Niaga.

Dapat kami sampaikan juga bahwa untuk masukan dan keluhan atas pelayanan CIMB Niaga dapat menghubungi Phone Banking 14041 atau melalui email: [email protected] Demikian kami sampaikan. Atas kerjasama dan dimuatnya tanggapan ini, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sumber
Jika anda keberatan, artikel tidak pantas Laporkan

Komentar