Layanan Buruk CBN ke Pelanggan Baru

Label: internet keluhan CBN


Saya pelanggan baru dari provider internet CBN dengan id pelanggan 01489681. Sejak memutuskan memakai layanan CBN (10 mbps + online tv) pada awal November 2016 hingga saat ini saya terus-menerus dikecewakan oleh after sales service CBN.

Pertama adalah janji dari sales officer CBN bernama Nagib yang menjanjikan instalasi koneksi internet & online tv pada tanggal 12 November 2016 jam 11.00. Setelah lama menunggu, saya mengecek ke call center dan diberitahu bahwa jadwal yang diberikan ternyata adalah hari Senin. Ini indikasi pertama buruknya koordinasi antar divisi di CBN dan tidak profesionalnya sales officer mereka yang saya rasakan.

Saya kontak Nagib untuk reschedule keesokan harinya, dan hal yang sama terulang. Tidak ada petugas yang datang. Hal ini terus berulang sampai akhirnya tanggal 16 November (5 hari dari waktu yang dijanjikan) baru ada petugas yang datang sesuai waktu untuk melakukan instalasi.

Setelah instalasi internet selesai, ternyata petugas memberitahu bahwa online tv decoder tidak tersedia.

*Perlu dicatat bahwa sampai sekarang saya tidak pernah diberi informasi apapun mengenai ketiadaan alat, skema pembayaran dan informasi lain. Semua harus saya cari tahu sendiri, bahkan nomer pelanggan pun saya baru dapat setelah ditanyakan ke call center.

Saya kemudian mengirim complaint email ke CBN mengenai hal ini, serta meminta Nagib untuk memberi kompensasi atas tidak sesuainya layanan yang saya dapatkan.

Setelah email tersebut, Nagib digantikan oleh sales officer bernama Dady untuk menghandle akun saya. Akhirnya pada 19 November (telat 8 hari) barulah decoder online TV dipasang di tempat saya.

Saya menginformasikan Dady tentang buruknya layanan CBN yang diterima sebelumnya dan tetap meminta kompensasi atas waktu saya yang terbuang (selama beberapa kali menunggu janji instalasi saya harus izin dari kantor dan ini terulang beberapa kali tanpa hasil). Dady mengatakan akan menghubungi atasannya bernama Haris perihal kompensasi saya.

Tiba-tiba pada 28 November malam, Dady mengirim pesan kepada saya bahwa layanan saya diblokir karena belum ada pembayaran untuk bulan pertama. Saya memberi tahu ke Dady bahawa saya memang tidak pernah diberi informasi apa-apa perihal pembayaran yang harus dilakukan saat instalasi. Info yang saya terima adalah biaya instalasi gratis dan pembayaran adalah pro rate sejak internet pertama kali digunakan (info ini dari petugas yang memasang internet saya). Argumen saya adalah jika konsumen tidak pernah diberitahu aturan yang benar dari awal, bagaimana mungkin konsumennya bisa mengikuti peraturan-peraturan tersebut?

Saya juga memberitahu Dady bahwa saya keberatan dengan keputusan dia yang langsung memblokir layanan tanpa memberi peringatan terlebih dahulu, ditambah janji dia yang mengatakan akan mengusahakan kompensasi atas buruk dan lambatnya pelayanan yang saya terima dari sales sebelumnya.

Hingga saat ini saya belum menerima kabar lagi dari CBN perihal masalah ini. Setelah browsing di beberapa forum dan blog serta bertanya ke teman yang pernah memakai CBN, ternyata banyak yang memiliki pengalaman mirip seperti saya. Sayang sekali perusahaan seperti CBN ternyata memiliki standar rendah dalam customer relation dan sepertinya para staff mereka setelah deal mendapat konsumen baru kemudian tidak mementingkan after sales service lagi.
Sumber
Jika anda keberatan, artikel tidak pantas Laporkan

Komentar